Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG RUSAK


Rusak dalam hal ini adalah tidak bisa diformat, write protected, propertiesnya zero, dan sebagainya, namun flashdisk tersebut masih bisa terdeteksi komputer. Cara yang dilakukan adalah dengan cara memprogram ulang / reflashing chip controller flashdisk. Ada beberapa tahapan dalam memprogram ulang flashdisk, berikut langkah-langkahnya :

LANGKAH PERTAMA 
Mencari tahu identitas VID dan PID flashdisk VID merupakan informasi tentang vendor pembuat flashdisk, sedangkan PID adalah informasi tentang chip controller yang digunakan flashdisk tersebut. Value PID ini yang akan menentukan software / tool yang tepat untuk digunakan di flashdisk kita. Untuk mengetahui VID/PID flashdisk kita bisa menggunakan software ChipGenius. Setelah anda mendownload software tersebut, masukan flasdisk ke tempat sampah ya ke port USB komputer pastinya. Setelah itu buka ChipGeniusnya. Maka akan tmapil seperti:


Download ChipGenius Disini
dari screenshot diatas diketahui Chip Vendor: Solid State System Chip Part-Number: SSS6690/SK6211
Cara kedua bisa langsung membuka casing flashdisk dan cari kode-kode yang mirip dengan atas seperti SSS6690 atau bisa juga yg lainnya

LANGKAH KEDUA
Mencari tool untuk flashdisk berdasarkan VID PID Setelah kalian mengetahui VID/PID flashdisknya, kemudian kunjungi http://www.flashboot.ru/index.php?name=Files . Disarankan sambil membuka google translate, kecuali jika kalian mengerti bahasa Rusia . Setelah itu cari di situs tersebut Chip Vendor & Chip Part-Number yang sesuai dengan flashdisk kalian. Misal, pada contoh :
Chip Vendor : Solid State System
Chip Part-Number: SSS6690/SK6211
Yang dilingkari merah itu tombol download. Setelah software khususnya sudah ketemu, kemudian download.


LANGKAH KETIGA
Memprogram ulang flashdisk Langkah ketiga adalah memprogram ulang flashdisk. Untuk tampilan dan cara kerja software chip controller berbeda satu dengan yang lain, berikut hanya contoh untuk model SSS6690 saja, terkadang untuk menggunakan software ini kita harus menginstall dulu driver pabrikannya (disertakan dalam software) yang perlu diperhatikan pertama adalah memastikan bahwa flahdisk terdeteksi oleh software.
Setelah itu masuk ke setup dan gunakan / pilih setingan defaultnya (kalau tidak terdapat pilihan default, dan kalian tidak tahu cara setting bagian ini, sangat disarankan untuk stop dulu, jangan lanjutkan karena bisa berdampak buruk pada flashdisk).
Setelah memilih setingan default klik ok dan klik start / format, dan tunggu sampai proses flashing selesai. Selamat mencoba, Semoga berhasil



Jika solusi ini dapat menembalikan fungsi FlashDisk anda, seharusnya berhasil, karena sudah puluhan FlashDisk sudah dapat saya kembalikan seperti sediakala, jadi jangan ragu untuk memberikan komentar apabila terjadi permasalahan, saya akan coba membantu.

2 komentar:

  1. kalo chip vendor dan chip part-numbernya tidak terdeteksi gimana bro ?

    BalasHapus
  2. kalau tidak terdeteksi berarti ada kemungkinan Flash Disk anda merupakan flash disk yang illegal. dan kami tidak bisa membantu apabila ada kerusakan pada Flash Disk illegal.

    BalasHapus